Sen. Des 16th, 2019

Perbedaan Reklame Digital Dan Konvensional

Perbedaan Reklame Digital Dan Konvensional

Perbedaan Reklame Digital Dan Konvensional – Saat ini, kehadiran videotron atau megatron berdampingan dengan baliho dan billboard di jalanan perkotaan. Reklame-reklame ini sama-sama berfungsi untuk memasarkan produk atau bisnis, dan membuatnya diketahui orang banyak.

Perbedaan Reklame Digital Dan Konvensional

Di Indonesia, reklame digital biasanya berupa megatron dan videotron. Megatron dan videotron berbeda dari segi gambar yang ditayangkan. Bila sebuah megatron menampilkan video, maka disebut sebagai videotron. Namun, manakah yang lebih baik diantara keduanya? 

Kelebihan Dan Kekurangan Reklame Digital

Apa yang dimaksud dengan megatron? Megatron adalah media iklan luar ruang (outdoor advertising) berupa billboard elektronik. Nama Megatron sendiri diambil dari gabungan kata Mega dan Elektronik, yang menunjukkan ukurannya yang besar serta platform elektronik yang digunakan.

Ketika menggunakan megatron, Anda dapat menggunakan daya tarik visual serta animasi pada saat bersamaan. Hal ini membuat reklame berformat digital lebih menarik perhatian pengguna jalan yang melewatinya. Terlebih, bila anda berhasil membuat format iklan yang menarik.

Reklame digital juga memberikan kebebasan kreativitas konten iklan yang lebih luas. Misalnya dengan membuat video, animasi, ilustrasi bergerak ataupun berbagai konten motion graphic yang tentunya lebih strategis dalam menyampaikan pesan promosi.

Keuntungan yang diberikan reklame digital sebanding dengan biaya yang harus dikeluarkan. Biaya reklame digital biasanya dikenakan perdurasi tayang. Terdapat reklame digital yang memasarkan produk yang sama secara menerus, dan juga reklame digital yang bersifat bergantian antar produk pada saat tayang. Kedua pilihan ini mengenakan tarif tergantung seberapa lama iklan anda tayang. Lokasi serta luas juga mempengaruhi harga yang dipatok untuk reklame digital. Serta, pilihan waktu yang Anda pilih. Karena biaya konstruksi yang lebih besar dan besarnya daya listrik yang digunakan, biaya sewa reklame digital kerap dipatok lebih mahal.

Kekurangan lainnya, reklame digital terlihat kontras pada malam hari namun terkadang kurang terlihat jelas pada siang terik. Untuk hal ini, Anda bisa melakukan survey terlebih dahulu dengan melihat apakah reklame digital yang akan anda pakai jasanya terlihat jelas pada malam hari.

Salah satu kendala yang kerap dialami oleh reklame digital adalah permasalahan arus listrik, seperti konsleting. Jika hal ini terjadi, tentu saja iklan anda tidak dapat tayang. Selain itu, ketika aliran listrik terputus, iklan juga tidak bisa dilihat.

Kelebihan Dan Kekurangan Reklame Konvensional

Reklame konvensional,  berupa billboard atau baliho menggunakan media cetak dengan memanfaatkan printing yang kemudian dipasang pada rangka reklame. Berbeda dari reklame digital yang menggunakan LED, reklame konvensional perlu mendapat bantuan penerangan agar dapat terlihat pada malam hari. Selain lampu yang disorotkan, terkadang lampu dipasang pada bagiandalam billboard dengan materi cetak billboard yang tembus cahaya. Penerangan lampu ini bermanfaat agar dapat terlihat pada malam hari.  Sedangkan pada siang hari, reklame konvensional dapat terlihat dengan jelas menggunakan bantuan cahaya matahari.

 

Baca Juga :   Sukseskan Pemasaran dengan Umbul-Umbul

Dibandingkan reklame digital, biaya pembuatan dan pemasangan reklame konvensional jauh lebih murah. Sehingga bila dibandingkan untuk durasi tayang, dimensi dan lokasi yang sama, reklame konvensional akan jauh lebih murah harga sewanya. Ketersediaan lokasi untuk memasang reklame konvensional juga jauh lebih banyak ketimbang reklame digital.

Isu kendala terkait listrik pada reklame konvensional, hanya akan berpengaruh pada malam hari. Walaupun aliran listrik terputus sekalipun, reklame cetak berupa billboard dan baliho dapat dilihat dengan jelas pada siang hari.

Namun karena terdapat banyak di ruang publik, reklame konvensional harus diakali dengan tampilan yang menarik agar mendapatkan perhatian yang melihatnya.

 

Blog 3D Media Advertising

error: Content is protected !!
Call Me Via WhatsApp