Mengapa Harus Menggunakan Jasa Pengurusan Pajak Reklame?

Mengapa Harus Menggunakan Jasa Pengurusan Pajak Reklame?Pengurusan izin di Indonesia memang terkenal ribet, panjang, dan melelahkan. Tidak heran apabila untuk bisa mendapatkan perizinan kadang-kadang kita perlu meluangkan waktu berhari-hari untuk mengurusnya. Apalagi jika hal tersebut berkaitan dengan reklame.

Mengapa Harus Menggunakan Jasa Pengurusan Pajak Reklame?

Reklame berbentuk billboard, neon box, spanduk atau umbul-umbul, banner, reklame mobil atau mobil branding, hingga shop sign harus memiliki izin sebelum dipasang. Reklame produk atau non produk, semuanya harus mengantongi izin sebelum dipertunjukkan kepada khalayak ramai.

Tarif pajak reklame berbeda-beda di setiap daerah. Selain itu, pemilihan lokasi atau titik penempatan reklame, ukuran dan tinggi, serta penambahan aksesoris seperti lampu juga bisa mempengaruhi nilai pajak dan biaya instalasi serta perawatan.

Setiap daerah memiliki prosedur yang berbeda-beda mengenai cara mengurus izin pemasangan reklame tergantung dari peraturan daerah (Perda setempat).

Contohnya pemasangan reklame di Jakarta

Menurut peraturan terbaru mengenai perizinan dan pajak reklame yang berkaitan dengan neon box, billboard, huruf timbul, baliho, banner, hingga signage telah mengalami beberapa perubahan signifikan sehingga terkadang membuat kita sedikit merasa kebingungan ketika harus berurusan dengan perhitungan pajak dan proses pengurusannya.

Karena terkesan ribet dan makan waktu, maka tidak salah apabila Anda menyerahkan urusan memasang reklame kepada penyedia jasa pengurusan pajak reklame yang sudah berpengalaman di Jakarta atau di kota tempat Anda tinggal.

Beberapa faktor yang mempengaruhi nilai pajak sebuah reklame diantaranya adalah:

  • Kelas jalan. Jalan utama atau jalan protokol yang ramai umumnya dihargai lebih mahal dibandingkan dengan jalan-jalan yang tidak terlalu padat dilalui seperti jalan lingkungan
  • Penempatan reklame di luar ruangan (outdoor) atau di dalam ruangan (indoor) dikenakan tarif yang berbeda
  • Pemilihan media yang digunakan, apakah itu papan reklame, media bergerak seperti mobil, atau jenis reklame itu sendiri
  • Penambahan lampu/asesoris
  • Pemilihan bahan yang digunakan
  • Ukuran kendaraan dan jumlah unit
  • Lama penayangan
Baca Juga :   Neon Box

Dan masih ada banyak faktor lainnya yang dapat mempengaruhi biaya yang harus dikeluarkan untuk pemasangan iklan baik produk maupun non produk dalam bentuk reklame.

Selain bisa membantu meringankan beban mengurus pemasangan dan penghitungan pajak reklame, penyedia jasa pengurusan pajak reklame yang berpengalaman bisa dijadikan sebagai tempat berkonsultasi untuk memilih metode, jenis, ukuran, hingga desain reklame yang tepat.

Salam 3D Media Advertising.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *