Ming. Agu 18th, 2019

Cara Menghitung Pajak Reklame

Cara Menghitung Pajak Reklame

  Cara Menghitung Pajak Reklame – Hingga saat ini, reklame menjadi cara promosi paling efektif untuk memasarkan bisnis Anda. Reklame memungkinkan Anda melakukan pemasaran dengan audiens yang sangat luas dan tepat sasaran. Tidak seperti iklan elektronik yang hanya diakses oleh mereka yang menggunakan perangkat elektronik, reklame dapat dengan mudah menjangkau pengguna jalanan dan bagaimana Cara Menghitung Pajak Reklame?

Cara Menghitung Pajak Reklame

   Namun, dibalik berbagai keuntungan dari pemasangan reklame, Anda tidak bisa melupakan kewajiban pembayaran pajak untuk reklame. Peraturan mengenai pemasangan reklame diatur didalam peraturan daerah, sehingga dapat bervariasi di tiap daerah. Untuk Jakarta misalnya, peraturan daerah terkait pajak reklame diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2011. Peraturan ini secara spesifik menjelaskan pungutan yang dikenakan untuk setiap penyelenggaraan reklame. Nah, bagaimana cara menghitung besaran pajak reklame berdasarkan undang-undang yang berlaku?

Menghitung Pajak Reklame berdasarkan Jenis Reklame

   Besaran pajak yang harus dibayarkan untuk reklame ditentukan berdasarkan jenis reklame. Berdasarkan isinya, reklame dapat dibedakan menjadi reklame produk dan non produk. Anda dapat menghitung besaran pajak reklame dengan mengetahui terlebih dahulu, apakah reklame tersebut tergolong reklame produk atau non produk.

Reklame produk adalah reklame yang mempromosikan barang atau jasa. Reklame yang tergolong sebagai reklame produk biasanya semata-mata bertujuan untuk mempromosikan produk tersebut. Nah, perbedaan reklame produk dan non produk terletak dari isi dan tujuan, dimana reklame non produk hanya berisikan nama perusahaan atau badan usaha dan bertujuan untuk menguatkan identitas nama atau brand di publik.

Tarif Pajak Reklame

   Selain dari jenis reklame, hal selanjutnya yang harus diperhatikan dalam menghitung pajak reklame produk dan produk adalah lokasi jalan dimana reklame terpasang. Semakin tinggi kelas jalan, maka semakin besar pula tarif pajak reklame. Sebab, reklame yang dipasang pada kelas jalan seperti jalan protokol, dapat dilihat oleh jumlah orang yang lebih banyak dibanding jalan yang kelasnya lebih rendah seperti jalan lingkungan.

Selanjutnya, perhatikan pula durasi tayang dan luas dari reklame Anda. Besaran reklame dihitung dari luasan permeter dan durasi perhari. Nah, tarif acuan yang ditetapkan untuk Nilai Sewa Reklame berbeda untuk tiap daerah. Untuk Jakarta, berikut adalah besaran NSR berdasarkan Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 27 Tahun 2014.

Tarif Nilai Sewa Reklame untuk Reklame Produk (/Meter/hari)

Kelas Jalan Durasi Tayang Tarif Pajak Reklame
Protokol A /Meter/hari Rp. 125.000,-
Protokol B /Meter/hari Rp. 120.000,-
Protokol C /Meter/hari Rp. 75.000,-
Ekonomi I /Meter/hari Rp. 50.000,-
Ekonomi II /Meter/hari Rp. 25.000,-
Ekonomi III /Meter/hari Rp. 15.000,-
Lingkungan /Meter/hari Rp. 10.000,-

Tarif Nilai Sewa Reklame untuk Reklame Non Produk (/Meter/hari)

Kelas Jalan Durasi Tayang Tarif Pajak Reklame
Protokol A /Meter/hari Rp. 25.000,-
Protokol B /Meter/hari Rp. 20.000,-
Protokol C /Meter/hari Rp. 15.000,-
Ekonomi I /Meter/hari Rp. 10.000,-
Ekonomi II /Meter/hari Rp. 5.000,-
Ekonomi III /Meter/hari Rp. 3.000,-
Lingkungan /Meter/hari Rp. 2.000,-

   Nilai Sewa Reklame diatas menjadi acuan dasar pengenaan pajak reklame. Untuk reklame yang diselenggarakan melalui pihak ketiga, penetapan didasarkan pada nilai kontrak. Besaran nilai sewa reklame juga tergantung jenis dan bahas yang digunakan serta jumlah dan ukuran media, tidak hanya pada pemasangan reklame.

Untuk Jakarta yang menetapkan pajak reklame 25% misalnya, Anda tinggal menghitung nilai sewa reklame lalu mengalikannya dengan 25%, besaran tersebut adalah besaran pajak reklame yang perlu Anda bayarkan. Perlu Anda perhatikan bahwa biaya yang dicantumkan belum termasuk biaya koordinasi dan biaya Dinas Pertamanan. Bila Anda ingin mengiklankan produk tembakau dan minuman beralkohol, besaran biaya juga ditambahkan 25% dari pokok pajak.

Iklan Media 3D

   Tetapi jika anda tidak ingin di repotkan tentang urusan pajak reklame, anda dapat memanfaatkan jasa kami. anda bisa mempercayakan pada www.3dmediaadv.com. 3D Media Advertising telah berpengalaman +/- 5 tahun dalam mengurus pajak reklame. Tim yang responsif akan menyalurkan harapan anda dalam menyelesaikan urusan pajak reklame dan 3D Media Advertising akan medampingi anda dari awal hingga akhir proses tentang pajak reklame. Untuk lebih jelasnya silahkan anda menghubungi kami, dengan senang hati kami akan membantu anda untuk mengurus pengurusan izin pajak reklame.

Related Posts :

Baca Juga :   Langkah-langkah Mengurus Izin Pemasangan Reklame
 

Blog 3D Media Advertising

error: Content is protected !!
Call Me Via WhatsApp